Kasih|Damai

Travel everywhere!

Tuesday 23 September 2014

Jumlah "Game Gratis" di Android Akan Segera Berkurang


 
mikhaelpermanto11.com - Android kini menjelma menjadi platform yang cocok bagi pecinta game mobile, khususnya yang bersifat gratis atau free-to-play. Tren saat ini memang bergerak ke arah sana. Banyak pengembang game yang menyediakan game secara gratis, namun dengan opsi pembelian item untuk menunjang kebutuhan si pemain di dalam game tersebut.
Sistem free-to-play ini nyatanya tak selalu disukai oleh gamer. Pasalnya, mereka harus berjuang lebih keras agar bisa memenangkan permainan jika tak ingin membeli item dalam game. Sebaliknya, dengan membeli item, mereka bisa lebih mudah memenangkan permainan. Pertanyaannya, apakah kamu merasa kesal atau dibohongi dengan sistem free-to-play ini?
Menanggapi hal ini, Google pun akhirnya turun tangan langsung dengan membuat sebuah kebijakan baru. Setelah membicarakan masalah ini dengan para pengembang dan developer game, akhirnya muncul kesepakatan bahwa publisher game harus menyertakan informasi tambahan tentang detail harga item in-app purchase yang ada di dalam game besutan mereka. 
Sebagai contoh, nantinya kamu bisa melihat kisaran harga item in-app purchase di dalam sebuah game ketika hendak membelinya di Google Play. Info yang ditampilkan berupa tambahan keterangan harga terendah hingga harga tertinggi, contohnya seperti US$0.99 to US$9.99. Selain itu, Google juga tak akan menampilkan aplikasi dan game yang bisa di-download secara gratis namun menawarkan in-app purchase dengan label "free" lagi. Jika aplikasi atau game tersebut benar-benar gratis dan tidak menawarkan in-app purchase di dalamnya, barulah bisa dilabeli sebagai game "free". Kebijakan ini kabarnya mulai berlaku tanggal 30 September 2014 mendatang di Eropa dan mungkin juga berlaku untuk seluruh dunia.
Hal ini sesuai dengan saran badan perlindungan hak konsumen di Eropa, dimana banyak ditemui kasus pembelian in-app purchase dalam jumlah besar yang dilakukan oleh anak-anak ketika bermain game. Mereka mungkin tidak tahu apa yang mereka lakukan, sehingga dengan mudahnya membeli item yang ditawarkan dari game tersebut.
Repost : http://jalantikus.com/tips/detail/4014/jumlah-game-gratis-di-android-akan-segera-berkurang

No comments:

Post a Comment