Kasih|Damai

Travel everywhere!

Friday 13 November 2015

5 Cara Sederhana Menjadi Seorang Pemaaf


          Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan atau silap dalam bertindak pada interaksinya dengan orang lain. Pasti dengan adanya kesalahan membuat orang tidak enak hati dan cenderung menjadi diam diaman terhadap orang yang disakitinya , lalu kapan proses ini berakhir ? dan kapan damai itu muncul ? segeralah perbaiki dan intrpeksi diri masing masing.
Begini lah 5 cara yang mungkin bisa anda lakukan untuk memafkan orang lain .

1. Percayalah Manusia makhluk tidak sempurna
Setelah anda menyadari hal ini, anda pasti bisa menerima kesalahan-kesalahan yang orang perbuat. Dengan bergumam positif dalam hati, mungkin dia banyak masalah kali ya ? atau mungkin dia lagi ga enak badan, sehingga perbuatan nya pun tidak karuan . Iya bukan ?

2.Periksa diri anda sendiri.
Boro-boro mau nyalahin orang dan tidak memafkaan . Apakah anda sendiri sudah pemaaf dan bisa suci dimata orang lain ? Mungkin saja anda lebih banyak bersalah dan membuat kesalahan , namun anda tidak menyadari nya . Coba ambil waktu anda sekitar satu menit, Apa saja yang telah anda lakukan ke orang lain. Apa itu kebaikan ? malah sebaliknya ? ya anda sendiri yang tau :)

3.Berpikir Positif
Sepertinya no 3 ini hampir sama seperti nomor 1, Tapi jangkauan pemikiran disini sangat sangat lah bijak . Dengan menyaring setiap perbuatan seseorang, kita selalu saja mengubah tindakan itu ke hal sebaliknya , coba saja dengan sengaja mungkin seseorang mengatakan hal kotor ke kita . Dengan spontan pasti ingin membalas bukan ? namun jika pikiran kita selalu positif terhadap orang tersebut , kita jadi nya malah berkata , dia lagi ga sadar kali. :D , atau dianya mungkin lagi galau ya , jadi pikiran nya aneh begitu .. iya ga ?

4.Jangan semuanya masukkan kedalam hati .
Hati merupakan kunci utama untuk menjadi seorang pemaaf. Udahlah , biarkan saja lah orang itu , jangan terlalu dipikirkan! Mending pikirkan cucian anda yang sudah menggunung , lebih baik pikirkan masa depan anda dan mulai memaafkan apa saja yang salah mungkin orang lakukan terhadap anda . Sakit loh kepala memikirkan masalah-masalah yang memang bukan harus kita pikirkan. Lepaskan dan tenangkan diri , agar semua yang direncanakan tercapai ...

5.Perbanyak ibadah sesuai agama masing-masing
Yap , dengan sering nya anda beribadah,maka hal hal yang baik pastinya anda terima melalui ceramah atau khotbah bukan ? jangan cuman didengar saja ya , action nya dong . Agar kita semua bisa jadi pemaaf yang pemanen :v . Dengan muncul nya generasi pemaaf dan baik hati ini , maka dunia akan damai dan terciptanya pergaulan yang sehat serta persaingan dalam edukasi pembelajaran pun meningkat . hehe .

Ingat tidak akan merugi menjadi seorang pemaaf . Dari sini juga orang bisa menilai sisi kedewasaan anda ...
Silahkan dilakukan , dan mungkin jika ada trik lain untuk menjadi pemaaf ,silakan untuk dikomen dan ditambah ya, saya juga butuh bimbingan readers-readers yang budiman :D. Selamat Pagi ....
Semangat!!! oh ya , jangan lupa follow ya @mikhaelpermanto di twitter atau di instagram . Mari Berteman.

1 comment: